Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat Natal di Sebutir Salju

Kompas.com - 24/12/2010, 09:15 WIB

KOMPAS.com — Ucapan selamat Natal di atas kertas atau melalui pesan di telepon seluler mungkin sudah sangat biasa. Tapi bagaimana jika ucapan tersebut ditulis di atas sebutir salju yang ukurannya hanya selebar sehelai rambut?

Profesor Philip Moriarty dari University of Nottingham menggagas pembuatannya. Ia mengumpulkan butiran salju ke dalam cangkir. Butiran dijaga agar tidak meleleh dengan nitrogen cair dan diamati dengan mikroskop elektron.

Dengan mikroskop itu, ilmuwan melihat struktur heksagonal butiran salju dan menentukan sisi yang tepat untuk menulis. "Yang kita cari adalah wajah kristal butiran salju. Kami menemukan detail yang sangat indah," kata Moriarty.

Setelah menemukan, Moriarty dan rekannya pun mulai mengukir kata-kata selamat Natal di atas butiran salju itu. "Tulisan ditulis menggunakan teknik sinar ion yang menembak permukaan es, menghamburkan materi yang ada," kata Moriarty.

Tulisan selamat natal di sebutir salju ini dibuat sebagai bagian dari proyek pembuatan film Sixty Symbol. Brady Haran, pembuat film, mengatakan, "Ini tak cuma senang-senang, tetapi juga menunjukkan teknologi yang mampu membuatnya."

Teknologi yang mampu mendukung proyek itu adalah nanoteknologi. Melaluinya, kita bisa menganalisis karakter materi tertentu dan merekayasanya hingga terbentuk materi baru yang dengan sifat berbeda.

Moriarty yang merupakan ahli nanopartikel mengatakan, "Kemampuan untuk melihat dan mengubah materi kecil itu telah merevolusi banyak hal dalam hidup kita, mulai dari komunikasi, pengobatan, hingga makanan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com