Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fu Hu, Si Bayi Panda Lucu

Kompas.com - 15/12/2010, 08:24 WIB

KOMPAS.com — Seekor bayi panda yang lahir di kebun binatang Vienna pada bulan Agustus lalu akhirnya "dibaptis". Bayi panda itu dinamai Fu Hu, yang berarti macan bahagia dalam bahasa Mandarin.

Bayi panda ini dinamai setelah menginjak usia 100 hari. Dalam tradisi China, bayi panda tak akan dinamai sebelum usia tersebut. Pasalnya, angka kematian bayi panda pada tahun pertama tergolong tinggi, yaitu 40 persen.

Nama Fu Hu dipilih berdasarkan hasil polling yang melibatkan 25.000 orang. Penamaan bayi panda itu dihadiri oleh Reinhold Mitterlehner, Menteri Ekonomi Austria, dan Duta Besar China untuk Vienna, Shi Mingde.

Nama Fu Hu dekat dengan nama saudaranya, Fu Long (berarti Naga Bahagia), yang pada tahun 2007 adalah panda pertama yang ditangkarkan di Eropa. Fu Long, yang kini berusia tiga tahun, telah dikembalikan ke China dan hidup di Bifengxia, Sichuan.

Walaupun panda ditangkarkan di wilayah lain, mereka tetap milik China. Mereka hanya dipinjamkan ke kebun binatang di luar negeri. Ayah dan ibu Fu Long, yaitu Long Hui dan Yang-Yang, pada tahun 2013 nanti juga akan dikembalikan oleh Kebun Binatang Schoenbrunn ke China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com