Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wukuf Tentukan Waktu Shalat Idul Adha

Kompas.com - 16/11/2010, 07:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan wukuf di Arafah tahun ini yang berlangsung pada Senin (15/11/2010) menjadi dasar penentuan waktu berlangsungnya shalat Idul Adha bagi sebagian umat Islam.

"Shalat Idul Adha selalu menjadikan wukuf di Arafah sebagai standar isbat. Karena wukuf berlangsung kemarin, otomatis shalat Idul Adha diadakan keesokan harinya atau hari ini," kata Wakil Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Aidin Husaini, Selasa (16/11/2010) di Jakarta.

Menurut Aidin, sebagaimana Idul Fitri yang didahului dengan puasa Ramadhan, pelaksanaan Idul Adha digelar setelah puasa hari Arafah atau pelaksanaan wukuf di Arafah.

Selanjutnya, pada tiga hari berturut-turutnya setelah Idul Adha, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah adalah hari-hari tasyriq, di mana umat Islam dilarang berpuasa, kecuali bagi jemaah haji yang tidak sanggup membayar atau tidak mendapatkan hadyu/dam tamattu dan qiran di Tanah Suci. 

Aidin menganjurkan kepada umat Islam untuk memperbanyak amal shalih dalam bentuk kurban, infak, sedekah, dan meninggikan asma Allah SWT dengan takbir, tahmid, dan tahlil.

Sementara itu, DDII tidak melakukan pemotongan hewan kurban di Jakarta. Sebab, sejak dulu memang DDII tidak pernah mengadakannya di kantor, tetapi di daerah-daerah yang lebih membutuhkan, seperti wilayah yang terkena bencana alam dan rawan pangan. "DDII Pusat mengirimkan uang tunai ke daerah-daerah yang lebih membutuhkan. Nantinya, uang itu akan dibelikan hewan kurban untuk kemudian disembelih di sana," ujar salah satu pengurus DDII Cabang Jakarta, Nanang Nurkholis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com