Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ramuan Penambah Nafsu Makan

Kompas.com - 05/10/2010, 15:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Terlalu gemuk bisa diatasi dengan diet, tapi bila terlalu kurus? Tentu saja kita atasi dengan mengasup makanan bergizi. Namun, bila selera kurang, beberapa tanaman obat seperti temulawak, kunyit, atau daun pandan wangi bisa digunakan untuk menambah nafsu makan.

Tanaman obat yang mengandung senyawa pahit biasanya digunakan untuk menambah selera makan. Di samping itu, kandungan vitamin dan mineral pada tanaman tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi defisiensi vitamin yang banyak terdapat pada seseorang yang mengalami gangguan metabolisme.

Inilah beberapa ramuan tanaman untuk menambah nafsu makan yang  direkomendasikan beberapa pakar obat tradisional seperti Bambang Mursito, D.S. Soewito dan Fauziah Muhlisah :

Ramuan 1 Bahan: -    Tiga helai daun brotowali -    Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil -    Dua gelas air

Cara Membuat: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

Ramuan 2 Bahan: -    tiga jari rimpang lengkuas -    50 mililiter air matang

Cara meramu Lempuyang dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air dan diperas. Air perasan diminum tiga kali sehari satu sendok makan. Lakukan ini sebelum makan selama beberapa hari.

Ramuan 3 Bahan: -    satu genggam daun pegagan -    dua gelas air

Cara Membuat: Daun pegagan dicuci bersih kemudian ditambah air dan direbus dalam keadaan tertutup hingga mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring. Air saringan diminum satu gelas sehari, lakukan selama beberapa hari. Selain direbus, daun pegagan segar bisa juga dikunyah. Ambillah sebanyak 15-30 gram daun pegagan segar.

Ramuan 4 Bahan: -    Satu helai daun pepaya -    Garam dapur secukupnya -    Setengah gelas air matang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com