Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkulu Miliki Empat Jenis Rafflesia

Kompas.com - 15/08/2010, 19:31 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Provinsi Bengkulu memiliki empat jenis bunga Rafflesia sejak beberapa tahun terakhir, yaitu Rafflesia Arnoldi, Gadutensis, Haseltii, dan Bengkuluensis.

Peneliti Rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susetya, Minggu, mengatakan untuk menemukan satu jenis bunga tersebut memakan waktu hingga bertahun-tahun.

"Peneliti harus menjelajah hutan hingga ke pedalaman dan membutuhkan kesabaran, sebab keberadaannya sulit diketahui," ujarnya.

Ia menjelaskan jenis Rafflesia Bengkuluensis baru ditemukan dalam waktu sekitar 20 tahun.

Rafflesia merupakan sejenis bunga bangkai tanpa batang dan daun serta memiliki ukuran terbesar di dunia.

Keempat jenis tersebut dibedakan berdasarkan corak dan ukuran bunga.

"Dari keempat jenis tersebut Rafflesia Arnoldi merupakan jenis yang terbesar di dunia dengan diameter 70-110 sentimeter," katanya.

Rafflesia Haseltii memiliki ukuran 30-60 sentimeter, Gadutensis sekitar 50 sentimeter, Bengkuluensis merupakan jenis yang paling kecil sekitar 30 sentimeter.

Sementara Rafflesia Haseltii merupakan jenis dengan corak terindah dibandingkan dengan ketiga jenis lainnya.

Ia mengatakan jenis Rafflesia di seluruh dunia mencapai 25 jenis, di antaranya di Sumatra 11 jenis dan di Bengkulu empat jenis.

Bunga itu ditemukan di beberapa tempat di Bengkulu, antara lain di di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), pusat pelatihan gajah (PLG), dan Padang Guci Kabupaten Kaur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com