Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung di Kebun Raya Tinggal 50 Jenis

Kompas.com - 24/07/2010, 20:18 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Burung-burung yang ada di Kebun Raya Bogor saat ini dipekirakan tinggal 50 jenis. Padalah pada tahun 2006, jenin burung di situ masih mencapai 90 jenis. Berkurangnya jenis burung tersebut diduga makin berkurangnya lahan terbuka hijau yang ada di Kota Bogor, yang sebelumnya berfungsi sebagai buper bagi Kebun Raya Bogor.  

Hal tersebut diungkap Kepala Pengembangan Komunikasi dan Bisnis Burung Indonesia, Henny M Sembiring, di sela acara Hunting Foto Burung di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Sabtu (24/7/2010) siang.

Lomba foto yang diikuti fotografer alam liar dari Jabodetabek tersebut diadakan Burung Indonesia untuk memperingati hari ulang tahunya yang ke-8. Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pelestarian burung liar Indonesia dan menjalin kemitraan dengan Bird Life International yang berkedudukan di Inggris.  

Dari hasil pemantauan Burung Indonesia Juli ini, terpantau ada sekitar 50 jenis burung di Kebun Raya Bogor (KRB). Tahun 2006, masih ada 90 jenis burung yang terpantau.

"Kami masih belum punya data pasti, penyebab berkurangnya jenis burung di sini. Dugaan kami karena pakan burung di sini mulai berkurang akibat kawasan hijau di Kota Bogor berkurang dan kualitas air Sungai Ciliwung semakin menurun," kata Henny.   

Fahrul Paja Amama, humas Burung Indonesia, menambahkan, Dr Siti Nuramaliati, Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, yang melakukan penelitian burung di Kebun Raya Bogor, juga menyatakan berkurangnya jenis burung yang ada di KRB.

"Beliau juga mengatakan burung di KRB tinggal sekitar 50 jenis. Berdasarkan dokumentasi yang ada di LIPI pada tahun 1950-an, masih ada 150 jenis burung. Burung adalah indikator kualitas lingkungan. Kalau jenis burung makin berkurang, dapat diartikan kualitas lingkungan di sini semakin berkurang," katanya.   

Di Indonesia, lanjut Fahrul, salah satu Negara Mega Bird Diversity. Dari sekitar 10.000 jenis burung di dunia, ada 1.599 jenis yang terdapat di Indonesia. Negara ini juga paling kaya dengan jenis burung endemik (hanya ada di Indonesia) yakni mencapai 353 jenis dari 1.599 jenis tersebut.    

"Namun, jenis burung yang terancam punah pun cukup banyak, yakni mencapai 117 jenis. dan masuk dalam daftar merah IUCN.  Dari 117 jenis yang terancam ini, ada 17 jenis yang statusnya kritis, 30 jenis statusnya genting, dan 70 jenis statusnya rentan," katanya.   

Sementara itu, mengenai acara Hunting Foto Burung di KRB, pemenang utamanya akan medapat paket perjalanan hunting foto di Manggarai Barat, Flores, NTT, lengkap dengan akomodasinya, selama tiga hari dua malam. Salah seorang juri acara ini adalah Riza Marlon, salah seorang fotografer alam liar profesional.   

Riza pada Oktober mendatang akan meluncurkan Indonesia, Nature and Wildlife, sebuah buku setebal 200 halaman yang berisi foto-foto satwa asli Indonesia di alam bebas atau habitat aslinya, hasil hunting foto Riza dari tahun 1990-an hingga 2010. Buku ini akan menjadi portfolio pertama tentang satwa liar di Indonesia karya anak bangsa sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com