Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Sumatera Ditarget Berlipat Dua

Kompas.com - 07/07/2010, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia telah menyelesaikan naskah Rencana Pemulihan Harimau Indonesia 2011-2022, yang menargetkan populasi harimau sumatera bertambah 100 persen dalam 11 tahun. Program itu diperkirakan butuh dana 175 juta dollar AS dan akan menjadi bagian dari Global Tiger Recovery Plan.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan Darori, Selasa (6/7/2010) di Jakarta. "Pada 12-14 Juli, Indonesia akan menjadi tuan rumah Pre-Tiger Summit Partners Dialogue Meeting yang diikuti 13 negara pemilik harimau alami. Dalam pertemuan itu, Rencana Pemulihan Harimau Indonesia akan dibahas untuk diintegrasikan dengan Global Tiger Recovery Plan," kata Darori.

Darori menjelaskan, populasi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di alam liar tinggal sekitar 400 ekor. Sementara itu, jumlah harimau sumatera di berbagai kebun binatang di dalam dan luar negeri berkisar 250 ekor.

"Itu merupakan subspesies harimau asli Indonesia yang terakhir. Pada tahun 1940-an, subspesies harimau bali (Panthera tigris balica) punah. Pada tahun 1980-an, harimau jawa (Panthera tigris sondaica) punah. Harimau sumatera tidak boleh punah. Kami optimistis, dengan Rencana Pemulihan Harimau Indonesia 2011-2022, jumlah harimau di alam liar pada 2022 akan mencapai 800 ekor," kata Darori.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Kehutanan Harry Santoso menjelaskan, titik berat rencana pemulihan itu adalah konservasi in situ atau konservasi di habitat asli harimau sumatera. Dalam Rencana Pemulihan Harimau Indonesia dipilih enam bentang alam terpenting bagi konservasi harimau. Keenamnya adalah bagian dari kawasan Taman Nasional (TN) Bukit Barisan Selatan, TN Kerinci Seblat, TN Kerumutan, TN Bukit Tigapuluh, Balai Rejang Selatan, dan Ulu Masen.

"Total bentang alam habibat asli harimau sumatera tersebar di 18 lokasi. Akan tetapi, enam bentang alam itu yang terpenting, mencakup sekitar 70 persen luas habitat asli harimau sumatera. Rencana Pemulihan Harimau Indonesia akan dibahas dalam Pre-Tiger Summit Partners Dialogue Meeting. Dari pertemuan di Bali itu diharapkan ada komitmen pendanaan global. Saat ini total anggaran Direktorat Jenderal PHKA berkisar Rp 15 miliar per tahun untuk mengonservasi semua satwa. Tidak ada dana khusus harimau," kata Harry.

Forest and Biocarbon Coordinator Fauna and Flora International, Andjar Rafiastanto, mengharapkan, pertemuan Pre-Tiger Summit Partners Dialogue Meeting mampu menyentuh masalah perdagangan gelap harimau. "Kita harus membangun komitmen negara peserta untuk mencegah penyelundupan harimau. Sampai sekarang China masih menjadi konsumen harimau selundupan dari Singapura dan Hongkong," kata Andjar.

T Haryo Wibisono dari Forum Harimau Kita menyatakan, tutupan habitat asli harimau sumatera telah banyak berkurang dan 70 persen habitat asli belum ditetapkan sebagai kawasan konservasi. "Namun, kita harus belajar dari kepunahan harimau bali dan harimau jawa. Hutan di Bali dan Jawa yang masih ada tidak mampu cegah kepunahan. Dalam jangka pendek, kita harus memprioritaskan proteksi bagi harimau sumatera," katanya. (ROW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com