Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Bikin Sampah Tidak Terangkut

Kompas.com - 18/06/2010, 03:52 WIB

Jakarta, Kompas - Hujan yang turun beberapa hari terakhir ternyata membuat sampah menumpuk di beberapa tempat. Menurut Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara Djamaluddin, hujan memang memengaruhi kinerja petugas kebersihan sehingga terjadi penumpukan di beberapa tempat.

”Selain itu, hujan juga sering membawa sampah baru, seperti daun dan ranting yang rontok, pohon tumbang, dan sampah yang terbawa aliran air,” kata Djamaluddin, Kamis (17/6).

Pengaruh hujan terhadap kinerja petugas, misalnya, petugas tidak bisa mengambil sampah di rumah-rumah warga atau karena genangan air di jalan, lalu lintas macet sehingga truk- truk sampah tidak bisa bolak-balik mengambil sambil dan membuangnya ke Bantargebang, Bekasi.

Pada musim hujan, produksi sampah juga meningkat. Hal itu berkaitan dengan musim panen yang banyak terjadi pada musim hujan. ”Biasanya banyak buah dan sayur yang baru dipanen dikirim ke Jakarta. Selain buahnya sendiri, kemasannya juga sangat banyak dan berlapis-lapis. Itu semuanya jadi sampah nantinya,” katanya.

Menurut Djamaluddin, produksi sampah di Jakarta Utara rata-rata 5.000 meter kubik per hari. ”Kalau musim hujan, produksi sampah naik hingga lima persen,” ujarnya.

Dari jumlah itu, rata-rata sampah yang tidak terangkut mencapai 15-20 meter kubik per hari. Sampah yang tidak terangkut itu bukan berarti petugas kebersihan tidak mampu, tetapi karena sampah datang setelah jadwal pengambilan sampah.

”Setiap hari, ada dua kali jadwal pengambilan sampah, pagi dan siang hari. Biasanya, sampah-sampah yang tertinggal itu datang setelah petugas sele- sai mengambil sampah,” ujarnya.

Djamaluddin menjelaskan, saat ini suku dinas kebersihan memiliki personel kebersihan sekitar 200 orang dan armada sebanyak 142 unit kendaraan. ”Makin lama personel kebersihan makin menyusut karena usia pensiun. Adapun personel baru belum juga ditambahkan. Tahun 1980-an, personel sudin kebersihan mencapai 400 orang,” katanya.

Selain personel yang menyusut, jumlah tempat penampungan sementara (pun makin lama makin berkurang. Djamaluddin mengaku tidak memegang data berapa jumlah TPS yang telah menyusut, tetapi saat ini Jakarta Utara hanya memiliki 300 TPS. (ARN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com