Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raflesia Patma Boleh Dilihat Umum

Kompas.com - 03/06/2010, 14:38 WIB

BOGOR, KOMPAS.com Pengunjung Kebun Raya Bogor kini diperkenankan melihat langsung bunga raflesia patma. Bunga tersebut sudah mekar sempurna dan diperkirakan masih dapat bertahan satu minggu.

"Mekarnya bunga raflesia patma ini sebagai hadiah Kebun Raya Bogor (KRB) untuk Bogor yang berhari jadi pada 3 Juni ini," kata Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan KRB Mustahid Siregar, Kamis (3/6/2010) pagi.

Menurut Sofie Mursidawati, botanis KRB, raflesia patma mekar sempura subuh tadi sekitar pukul 04.30. "Setelah kami ukur, diameter bunga ini 38 cm. Satu-dua hari ini bunga masih dalam kondisi baik. Kami perkirakan bunga masih dapat bertahan sekitar satu minggu, sebelum benar-benar busuk dan akhirnya mati," katanya.

Melani Kurnia Riswati, botanis KRB rekan Sofie, menambahkan, pihaknya tidak menduga raflesia patma mekar saat ini. Hujan yang sering turun pada pekan ini yang kemungkinan memacu bunga lebih cepat mekar. "Kelopak bunga ini juga tidak terlalu sempurna karena sempat terkena cakaran atau sentuhan biawak. Ini membuat bunga menjadi lebih cepat membusuk," katanya.

Masyarakat yang ingin melihat langsung bunga tersebut dapat mendatangi kebun pembibitan KRB. Namun, pengunjung hanya dapat melihat dari luar pagar. Pihak KRB menyediakan televisi monitor sehingga pengunjung dapat melihat detail bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com