Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Konferensi Perubahan Iklim Negara Muslim Dibuka

Kompas.com - 08/04/2010, 19:10 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dijadwalkan membuka Konferensi Perubahan Iklim Negara Muslim, Jumat (9/4/2010) sekitar pukul 09.00. Konferensi yang dihadiri sekitar 150 orang dari 16 negara peserta berlangsung di IPB International Convention Center di kompleks Botani Square Mall Bogor.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemko Bogor, Kamis (8/4/2010), disebutkan Menteri LH selain membuka juga memberi sambutan dalam konferensi tersebut. Pejabat lain yang memberi sambutan lainnya adalah Wali Kota Bogor Diani Budiarto dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Dari pihak luar ngeri, yang memberi sambutan adalah Muhammad Hassan Awad dari Liga Universitas Islam, Kairo, Mesir.

Sekitar 150 perserta itu, 45 diantaranya adalah perwakilan dari pemerintahan kota di Indonesia, yang kotanya menjadi anggota Internasional Councils for Local Environmental Initiative (ICLEI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan CITYNET.

Pembicara ahli dalam konferesi tersebut antara lain Sead Elgezawi dari World Islamic Call Society, Tripoli, Libya (peneliti efek biologis terhadap pembuangan material organik dari limbah cair bahan bakar sintetis), Fazlun Khalid, pendiri Islamic Foundation for Ecology and Environmental Sciences (IFEES), Birmingham, Inggris, Emil Salim dari Dewan Pertimbangan Presiden RI.

Tiga agenda penting akan dibahas dalam konferensi tersebut. Yakni, masalah perubahan iklim dan aksi yang bisa dilakukan oleh umat Islam se-dunia, pembentukan Asosiasi Masyarakat Muslim untuk Aksi Perubahan Iklim (Muslim Association for Climate Change Action/MACCA), serta deklarasi empat kota menjadi kota hijau lestari (Green City). MACCA kedepannya diharapkan menjadi organisasi payung yang memandu kegiatan dan mengimplementasikan rencana aksi tujuh tahun berkaitan dengan perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com