Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Penyu di Lampung Terancam

Kompas.com - 30/03/2010, 18:20 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Tanpa upaya penyelamatan konkret, populasi penyu di tanah air, khususnya Provinsi Lampung, bisa musnah. Induk penyu di pesisir Lampung Barat, salah satu kawasan habitat terbesar penyu, kini tersisa 308 ekor.

"Jumlah ini sangat sedikit jika dibandingkan panjang garis pantai tempat habitat penyu di Lampung Barat, yaitu 221 kilometer," ungkap Kepala Seksi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur, Naznan Meureka, Selasa (30/3/2010) di Seminar Kolaborasi Kebijakan pada Konservasi Penyu yang diadakan LSM Mitra Bentala.

Dari tujuh spesies penyu yang tersisa di dunia, enam diantaranya berada di Indonesia. Empat diantaranya kerap bertelur di Lampung Barat, yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik ( Erethmochyelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacca) dan penyu belimbing (Dermochelys coreacea).

Populasi penyu belimbing berkurang dratis, yaitu 97 persen dalam 22 tahun terakhir, kurang dari 3.000 ekor saja di dunia. Padahal, penyu belimbing ini termasuk satwa yang unik. "Ini adalah spesies penyu terbesar. Ukurannya bisa sebesar mobil Honda Jazz," tutur Haznan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com