Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhut: Selamatkan Hutan Perlu Aksi, Jangan "Workshop" Terus!

Kompas.com - 30/03/2010, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengingatkan, upaya penyelamatan hutan memerlukan aksi nyata dengan segera. Upaya penyelamatan, menurut dia, tak boleh hanya dilakukan dengan menggelar seminar atau workshop dari satu hotel ke hotel lainnya.

"Workshop memang penting, tapi lebih penting lagi aksi, melakukan sesuatu. Kalau workshop terus, kapan menanamnya?" sindir Zulkifli saat membuka UN-REDD Inception Workshop di Hotel Gran Melia, Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Selain upaya restorasi hutan yang mendesak, pihak-pihak stakeholder terkait, diingatkannya, untuk segera melakukan persiapan penghitungan karbon. "Kawasan hutan kita rusaknya balapan. Jangan terlena dengan workshop. Apa kita hanya menunggu adanya sistem? Sementara, PBB saja belum ada kesepakatan karbon. Silakan kunjungan, workshop ke luar negeri, tapi juga jangan lupa aksinya," kata dia lagi.

Pihak Kementerian Kehutanan, kata Zulkifli, tengah menjajaki kerja sama bilateral dengan banyak negara untuk program REDD. Seluas 300.000 hektar hutan disiapkan bagi kalangan dunia internasional yang ingin membeli karbon dari hutan Indonesia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com