Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Cinta Lingkungan? Yuk, Matikan Lampu 1 Jam

Kompas.com - 27/03/2010, 20:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Anda yang ingin berpartisipasi menanggulangi dampak perubahan iklim dunia, silakan matikan lampu rumah atau gedung Anda selama satu jam. Anda dapat mematikan lampu malam ini sejak pukul 20.30 hingga 21.30.

Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia Fitrian Ardiansyah mengatakan, malam ini lebih dari 4.000 kota di 125 negara akan berpartisipasi dalam aksi global untuk Earth Hour sebagai aksi bersama mengurangi laju perubahan iklim.

"Dari Rio de Janiero hingga perbukitan Los Angeles, 56 ibu kota dan 8 dari 10 kota metropolitan paling padat di dunia akan bergabung dengan melakukan satu hal yang kecil yang lintas batas, lintas generasi, dan lintas kepentingan," ucap dia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (27/3/2010).

Tidak hanya masyarakat dunia, kata Fitrian, masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta akan mematikan lampu di beberapa ciri khas kota besar, bangunan komersial, papan reklame, dan lain-lain.

Pemprov DKI Jakarta akan turut serta dengan mematikan lima ikon Jakarta, yaitu Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Monas dan Air Mancur Pesona Monas, Gedung Balai Kota dan gedung pemerintahan lain, Patung Pemuda, dan Air Mancur Arjuna Wijaya.

Hingga malam ini, kata Fitriani, lebih dari 170 gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin-Kuningan-Gatot Subroto telah memberikan konfirmasi kepada WWF akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan Earth Hour oleh WWF dipusatkan di Monas. Rencananya, pembukaan kegiatan akan dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Prijanto. Selama pemadaman lampu akan diisi dengan hiburan bernuansa hemat listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com