Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kejutkan Warga Pesisir Aceh Besar

Kompas.com - 15/03/2010, 09:40 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sejumlah masyarakat di pesisir Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh merasakan guncangan gempa sekitar pukul 08.45 WIB, Senin (15/3/2010).
     
Ramli, penduduk Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, menyatakan bahwa gempa pagi itu sempat membuat panik, terutama bagi warga yang berada di lantai dua rumahnya. Warga langsung turun dari lantai dua rumahnya saat merasakan gempa pada pagi ini.
     
Kecamatan Lhoknga, sekitar 15 kilometer dari Pusat Kota Banda Aceh, merupakan salah satu wilayah terparah diterjang tsunami pada 26 Desember 2004.
     
Belum diperoleh informasi terkait gempa dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) stasiun Meteorologi Mata Ie Aceh Besar. M Yusuf, warga Kota Banda Aceh, juga merasakan guncangan gempa pada Senin. Goncangan itu hanya terjadi beberapa detik.
     
"Kami sudah dalam ruangan saat guncangan gempa. Sempat juga khawatir karena sentakannya agak kuat, tetapi hanya sedetik," ujar pegawai LPP RRI Banda Aceh ini.
     
Gempa yang disertai tsunami 26 Desember 2004 tersebut menyebabkan sebagian besar wilayah pesisir pantai di Provinsi Aceh hancur. Sekitar 250.000 penduduk dinyatakan meninggal dunia dan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com