Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Amfibi Bisa Jadi Solusi Strategis

Kompas.com - 12/03/2010, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Dirgantara Indonesia ternyata mempunyai kemampuan membuat pesawat amfibi. Sayangnya, kemampuan ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk bangsa ini. Padahal, kalau dimanfaatkan, pesawat amfibi bisa menjadi solusi strategis dan ekonomis bagi Indonesia.

"Harusnya, pesawat itu bisa menjadi solusi bagi Indonesia, baik karena pertimbangan alam yang memiliki lautan yang luas dan sungai yang banyak, maupun dalam konteks tourisme," ujar anggota Komisi I dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Al Muzzammil Yusuf, yang menghubungi Kompas di Jakarta, Jumat (12/3/2010), setelah kemarin melakukan kunjungan kerja ke PT DI.

Selain itu, menurut Al Muzzammil Yusuf, keamanan terbang dan kondisi pertahanan dan keamanan wilayah Indonesia yang terpencil juga cocok dengan pesawat amfibi. "Karena ia bisa landing di banyak tempat di wilayah Indonesia tanpa terhambat  infrastruktur darat," ujarnya.

Seharusnya Presiden melalui Menteri Pertahanan, Menteri BUMN, dan Menteri Dalam Negeri bisa mengkaji kebutuhan daerah untuk membuka jalur transportasi melalui sarana pesawat amfibi itu.

"Dengan cara ini juga akan mengembangkan industri PT DI jika terjadi pemesanan berbagai daerah baik provinsi maupun kabupaten," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com