Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trembesi Tanaman Asing

Kompas.com - 16/02/2010, 03:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Tanaman trembesi atau Samanea saman adalah jenis tanaman asing yang masih memerlukan riset untuk melihat potensi invasifnya. Perlu kehati-hatian saat menanam dalam jumlah banyak karena dapat mendesak tanaman dan merusak ekosistem lokal.

”Trembesi dari Amerika (selatan) tropik memang sudah beratus- ratus tahun ada di Indonesia. Sebagai ahli ekologi tumbuhan, saya tidak menolak program pemerintah, tetapi menyarankan perlu kehati-hatian ketika menanam trembesi dalam jumlah banyak,” kata ahli ekologi tumbuhan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mustaid Siregar, Senin (15/2) di Bogor, Jawa Barat.

Pertengahan Januari 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan akan memberikan satu juta bibit trembesi atau ki hujan untuk setiap provinsi dalam acara pembekalan budidaya trembesi di Istana Negara dalam rangka program penanaman satu miliar pohon.

Yudhoyono meminta, bibit trembesi didistribusikan sampai pelosok-pelosok untuk menunjang komitmen pemerintah mereduksi 26 persen emisi karbon.

Mustaid mengingatkan, tanaman asing yang berhasil didomestifikasi di Tanah Air cenderung dominan dan berpotensi invasif, atau mampu mendesak tanaman dan ekosistem lokal. Keberadaannya memunculkan ancaman pada ekosistem bawah tanah pada mikroorganisme tanah, tanaman strata rendah, dan fauna di sekitarnya.

Trembesi dilirik Yudhoyono setelah dikemukakan data bahwa kemampuan penyerapan karbon per pohon trembesi tergolong paling besar, yaitu 28.488 kilogram karbon dioksida per tahun. Pohon trembesi, yang bisa mencapai usia 600 tahun itu, berkanopi luas, bisa mencapai diameter 8 meter dengan ketinggian pohon berkisar 40 meter.

Pohon lokal

Mustaid menuturkan, sebetulnya pohon lokal beringin atau Ficus benyamina patut dilirik untuk menunjang program penanaman satu miliar pohon. Tak ubahnya trembesi, beringin juga tergolong pohon raksasa yang mampu menyerap emisi karbon tinggi. ”Beringin sebagai tanaman lokal ini terdapat di sejumlah daerah di Indonesia, tetapi belum ada riset pengukuran daya serap emisi karbonnya,” kata Mustaid.

Beringin termasuk spesies kunci, yaitu jenis pohon yang menopang kehidupan flora dan fauna lainnya. Sistem perakarannya kuat sehingga memperbanyak cadangan air tanah.

Potensi kelestarian beringin tergolong paling tinggi karena kayunya tidak dapat dimanfaatkan. Pohon ini tersebar di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com