Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Selamatkan Harimau Sumatera

Kompas.com - 12/02/2010, 12:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kampanye publik bertajuk "The Year of Tiger 2010" mulai dilaksanakan oleh WWF Indonesia, Jumat (12/2/2010) di Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Melalui kampanye tersebut, WWF Indonesia menggandeng pemerintah, para pelaku usaha, seniman, dan masyarakat luas untuk bersama-sama menegaskan tekad menyelamatkan harimau sumatera dari kepunahan.

Pada konferensi pers bersama yang digelar Jumat ini, Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan Darori menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap program kampanye "The Year of Tiger 2010" tersebut.

"Kami dari Kementerian Kehutanan sangat mengapresiasi upaya semua pihak yang terlibat dalam pelestarian harimau sumatera di Indonesia, satu-satunya jenis harimau yang masih tersisa di Indonesia dan populasinya pun di alam bebas hanya tinggal sekitar 400 ekor. Sementara, jenis harimau jawa dan bali yang dulu pernah ada, sudah tinggal nama dan gambar saja. Oleh karena itu, program kampanye seperti ini memang sudah saatnya kita galakkan bersama," paparnya.

Rangkaian peluncuran kampanye "The Year of Tiger 2010" di Taman Menteng sendiri turut dihadiri oleh sejumlah komunitas pencinta lingkungan, fotografer, pelajar, guru, dan masyarakat Jakarta.

Dalam acara tersebut hadir pula artis dan musisi terkenal Davina dan Nugie yang menjadi suporter kehormatan WWF Indonesia. Di tempat yang sama juga hadir fotografer kawakan Jepang, Hikaru Nagatake, yang mencoba memamerkan foto-foto karyanya mengenai alam dan kearifan lokal masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com