Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam Pohon untuk Kurangi Emisi Karbon

Kompas.com - 22/01/2010, 19:26 WIB

LAMONGAN, KOMPAS - Sekitar 2.000 batang bibit pohon dari jenis mahoni, tanjung, dan trembesi Jumat (22/1/2010) dibagikan dalam Aksi Penanaman Pohon yang dipusatkan di Pasar Desa Made, Lamongan. Sekitar 8.000 batang bibit lainnya akan disebar untuk ditanam di tiap kecamatan, kelurahan dan halaman sekolah untuk mendukung Adipura.Bibit tanaman itu merupakan bantuan PT Petrokimia Gresik.

Menurut Bupati Lamongan, Masfuk kegiatan itu sebagai bagian dari antisipasi perubahan iklim global dan komitmen untuk menurunkan emisi karbon. Kegiatan itu sesuai dengan arahan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk melakukan penyelamatan alam d ari ancaman pemanasan global, ujar Masfuk.

Pelajar diminta agar mulai melakukan revolusi berfikir untuk menyelamatkan alam dan lingkungan demi masa depan bumi. Kalau masyarakat tidak peduli dengan lingkungan, generasi kedepan yang akan terkena kesusahan. Karena itu sekarang bersama jajaran TNI, P olri bersama masyarakat dan PT Petrokimia Gresik dicanangkan gerakan penanaman ini untuk menggugah kesadaran masyarakat, tuturnya.

Di Gresik Surya Kertas bersama Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, Lembaga Ekologi dan Konservasi untuk Lahan-lahan Basah (Ecoton), serta 1.000 siswa SMAN 1 Driyorejo, menanam pohon di kawasan bantaran Kali Surabaya di kawasan kritis di Desa Cangk ir, Driyorejo dan Tenaru.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Driyorejo, Zairasi menjelaskan, kegiatan penghijauan bantaran merupakan bentuk partisipasi SMAN 1 Driyorejo dalam mengurangi dampak pemanasan global. Kegiatan itu melibatkan semua pihak di sekitar SMA Negeri 1 Driyorejo. (ACI)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com