Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Banjir di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2009, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Subbidang Informasi Meteorologi pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hary Tirto Djatmiko mengatakan, pada malam Tahun Baru hujan berpotensi terjadi di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Kepulauan Seribu, Bogor, Bekasi, dan Depok.

Hujan ini dikhawatirkan menimbulkan banjir karena saat itu air laut sedang pasang sebagai akibat dari terjadinya gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sebagian ini akan terjadi Jumat (1/1) sekitar pukul 00.15 dan mencapai puncaknya pada pukul 02.22.

"Bila terjadi hujan sedang hingga lebat lebih dari dua jam, kewaspadaan perlu dilakukan pada daerah-daerah rawan genangan," ujar Hary.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu meminta masyarakat mewaspadai hujan disertai petir dan angin kencang yang mungkin terjadi pada perayaan malam Tahun Baru.

Daerah yang perlu diwaspadai terjadinya banjir saat Tahun Baru adalah di sepanjang Sungai Ciliwung, Dewi Sartika, Kampung Melayu, Matraman, Penjaringan, Cilincing, Kelapa Gandung, dan Manggarai.

Dari pengamatan Kompas.com, mendung tampak menanungi hampir seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya sepanjang hari sejak pagi hari. Bahkan pada siang hari sempat terlihat awan gelap namun belum sampai menimbulkan hujan lebat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com