Jumat, 25 April 2014

News / Internasional

Lebih dari 125 Ikan Paus Mati di Selandia Baru

Senin, 28 Desember 2009 | 05:28 WIB

Baca juga

SELANDIA BARU, KOMPAS.com — Lebih dari 125 ikan paus ditemukan mati di dua pantai yang terpisah di Selandia Baru. Di Farewell Spit, sebelah barat South Island dari kota wisata Nelson, 105 paus bersirip panjang paus mati saat kandas pada hari Sabtu, sedangkan 21 paus lainnya mati pada hari Minggu di sebuah pantai di timur North Island.

Kedua daerah diketahui memiliki sejarah di mana banyak ikan paus yang terdampar. Pejabat departemen konservasi Hans Stoffregen mengatakan, tidak ada ikan paus yang terdampar di Farewell Spit yang dapat diselamatkan. "Mereka dalam kondisi buruk. Pada saat kami sampai di sana, dua pertiga dari mereka sudah meninggal," katanya.

"Itu mengerikan, tapi tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan mereka. (Mengakhiri hidup mereka) Adalah yang paling manusiawi untuk dilakukan. Ikan-ikan itu telah keluar dari air untuk waktu yang lama dan mereka sangat tertekan. Anda bisa melihat rasa sakit dan penderitaan di mata mereka."

Ada ikan paus lain yang ditemukan mati terdampar di sebuah pantai di dekatnya pada hari Senin dan Stoffregen berkata bahwa mungkin ada orang lain yang mati di daerah, tetapi belum ditemukan.

Di Semenanjung Coromandel di North Island, 21 paus mati dari 63 ekor yang terdampar pada hari Minggu. Relawan dan wisatawan lokal mampu menggiring 42 paus yang masih hidup kembali ke laut. "Terakhir mereka terlihat sehat saat berenang ke laut," kata juru bicara konservasi daerah, Lyn Williams.


Editor : tof
Sumber: