Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Berwisata Sambil Menyelamatkan Lingkungan

Kompas.com - 20/11/2009, 11:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarta yang panas akan semakin terik bila pemanasan global tak dicegah. Apalagi, lahan-lahan hijau di sekitarnya banyak dihapus atas nama pembangunan. Dan, pembangunan itu pula yang membuat kota ini makin sesak oleh beton dan baja. Namun, ada beberapa titik yang berusaha dijadikan paru-paru kota ini, salah satunya di Jakarta Utara, tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk, yang selain dijadikan penyeimbang lingkungan, juga layak dijadikan tujuan wisata. Lahan seluas 99,8 hektar di bibir teluk Jakarta yang makin tergerus ini berusaha diselamatkan dengan penanaman bakau.

Taman Wisata Angke namanya. Di tempat ini, kita bisa berwisata alam. Bentangan bakau yang mulai tumbuh dan ratusan burung liar yang bersarang di sekitarnya membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Apalagi, sentuhan angin laut yang berembus membuat kita enggan beralih. Di sini kita juga bisa melihat aktivitas pelestarian tumbuhan bakau. Dari menyiapkan bronjong (media pembantu penanaman bakau), penyediaan bibit, perawatan bibit, hingga perawatan rutin pada tanaman bakau.

Jika pengunjung ingin merasakan bermain lumpur, pengelola menawarkan aktivitas menanam bakau. Dengan membayar Rp 100.000, Anda bisa mendapatkan dua bibit bakau untuk ditanam, kaus, dan makan siang. Sekarang kawasan ini tengah dikembangkan. Berbagai fasilitas penunjang dibangun sehingga tahun depan pengunjung mulai bisa melancong ke sini. Jadi, jika hiruk-pikuk Jakarta membuat Anda penat, menepilah ke Taman Wisata Angke ini. Anda bisa berwisata sekaligus membantu menyelamatkan lingkungan. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com