Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Marine dan Heritage", Tema Pariwisata Indonesia 2010

Kompas.com - 19/10/2009, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Departemen Budaya dan Pariwisata (Depbudpar) menetapkan "Marine dan Heritage" sebagai tema pariwisata Indonesia Indonesia tahun depan. Sedangkan jargon dan logo tidak mengalami perubahan. Demikian disampaikan Sapta Nirwandar, Direktur Pemasaran Depbudpar, saat di temui di ruangnya, Senin (19/10).

"Kita melakukan rapat dengan para pelaku industri, mereka memilih "Marine dan Heritage" menjadi tema pariwisata kita," ujarnya. Ia menuturkan, alasan pemilihan kedua tema tersebut disebabkan, Indonesia mempunyai banyak wisata warisan leluhur yang tidak dipunyai negara lain. Selain itu dengan 17.000 pulau yang ada, banyak potensi wisatawa laut yang dapat digali.

Untuk "Marine", kata Sapta, keindahan laut yang ada di daerah Sumatera, wilayah Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur dapat menarik perhatian para wisatawan asing dan domestik. Selain itu, olah raga laut yang ada menjadi nilai tambah bagi wisata bahari Indonesia.

"Wisatawan akan sangat menyenangi olah raga laut, seperti diving, snorkling, dan sebagainya," kata dia.

Sedangkan untuk "Heritage", lanjut dia, batik dan candi-candi peninggalan zaman prasejarah yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia masih menjadi daya tarik tersendiri.

Sapta mengatakan, tema tersebut secara resmi akan diumumkan pada akhir tahun ini. Saat ini, pihak Depbudpar dan pelaku industri pariwisata sedang mematangkan langkah dan strategi terkait tema pariwisata 2010 tersebut.

"Nanti akhir tahun baru di-launching, masih ada pembahasan. Lagi pula biar moment-nya tepat," kata Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com