Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobot Dinosaurus Terbesar Ternyata Cuma 19 Ton

Kompas.com - 22/06/2009, 14:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dinosaurus mungkin tidak seberat perkiraan sebelumnya akibat kerusakan dalam model statistik guna menghitung bobot hewan purba itu, demikian dikatakan beberapa peneliti.

"Perkiraan yang banyak dikutip mengenai massa Apatosaurus louisae, salah satu dinosaurus terbesar, mungkin dua kali lipat massa sebenarnya," kata peneliti di Zoological Society, Journal of Zoology, London.

Apatosaurus dikatakan memiliki bobot 38 ton, tetapi massa sebenarnya mungkin hanya 19 ton.

"Ahli paleontologi selama 25 tahun telah menggunakan model statistik yang disiarkan guna memperkirakan berat tubuh dinosaurus raksasa dan hewan lain yang sangat besar yang telah punah," kata pemimpin peneliti Gary Packard dari Colorado State University dalam satu pernyataan.

"Dengan mengkaji ulang data di dalam contoh rujukan asli, kami memperlihatkan bahwa model statistik menyimpang jauh dan dinosaurus raksasa barangkali hanya berbobot separuh dari yang semula diduga," katanya.

Perkiraan baru tersebut memiliki dampak pada sejumlah teori mengenai biologi dinosaurus, mulai dari metabolisme energi mereka sampai kepada kebutuhan makanan dan pola daya penggerak mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com