Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Kritik Komentar Paus soal Kondom

Kompas.com - 18/03/2009, 22:16 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Juru Bicara Menteri Luar Negeri Perancis Eric Chevallier mengkritik komentar Paus Benediktus XVI soal kondom. Menurut Chevallier, pada Rabu (18/3), komentar Paus yang mengatakan bahwa kondom bukan solusi menangkal penyebaran AIDS, justru bakal membahayakan kesehatan umum. "Perancis menekankan perhatian amat kuat terhadap konsekuensi pernyataan Paus," kata Chevalier.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Kamerun, pada Selasa, pemimpin Gereja Katolik Roma itu mengatakan kondom juga makin memperbanyak jumlah masalah, terkait perang terhadap AIDS tersebut.

Sementara itu, menurut Chevalier, negaranya menaruh perhatian besar terhadap upaya penanggulangan masalah AIDS. Paling tidak, Perancis memberikan bantuan untuk upaya itu di Afrika yang sekitar 22 juta rakyatnya terinfeksi virus HIV/AIDS.

Gereja Katolik Roma sampai kini menolak kondom sebagai bagian dari kontrasepsi buatan. 

Di Jenewa, lembaga PBB untuk penanggulangan masalah AIDS (UNAIDS) menyerukan agar dunia harus melakukan banyak cara melawan penularan virus HIV yang terus berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com