Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Banjir Lahar Dingin di Semeru dan Merapi!

Kompas.com - 26/02/2009, 19:33 WIB

BANDUNG, KAMIS — Banjir lahar dingin yang dipicu hujan deras berpotensi menimbulkan bahaya bagi penambang pasir di sekitar aliran sungai di Gunung Merapi, DI Yogyakarta, dan Gunung Semeru, Jawa Timur. Penambang pasir yang beraktivitas diharapkan menghentikan aktivitasnya bila curah hujan tetap tinggi.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Rabu (26/2), rekomendasi ini selalu dikeluarkan bila curah hujan meninggi.

Alasannya, curah hujan terus akan mengikis lahar dingin dan meluncurkannya ke aliran sungai. Bentuk dan ukuran bermacam-macam. Baik itu kerikil halus hingga bongkahan batu besar.

Ia mengatakan, kejadian lumpur lahar dingin di Gunung Semeru dan Gunung Merapi adalah yang harus diwaspadai. Di sungai sekitar gunung-gunung itu banyak masyarakat yang menggantungkan hidup dengan menambang pasir vulkanik.

Di Semeru, masyarakat di sekitar aliran Besuk Sat, Besuk Kobokan, dan Besuk Bang diharapkan tidak melakukan aktivitas saat hujan deras. Selain itu di Merapi, aktivitas penambang Kali Opak, Kali Gendol, dan Kali Krasak juga harus memerhatikan keselamatan pencarian pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com