Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capgomeh dan Gerhana Bulan

Kompas.com - 06/02/2009, 08:47 WIB

LIMABELAS hari setelah Imlek, warga Tionghoa akan mengakhiri perayaan ditandai dengan pesta capgomeh. Capgomeh kali ini akan jatuh persis di awal pekan, Senin (9/2). Di Asia Tenggara, perayaan ini dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa.

Di Taiwan, Hong Kong, dan China, capgomeh ditandai dengan festival lampion. Di Jakarta, biasanya capgomeh ditandai dengan pawai budaya berupa arak-arakan barongsai, liong, dan lainnya.

Bagi mereka yang ingin menikmati perayaan capgomeh, bisa segera mengatur jadwal. Senin pekan depan, akan ada perayaan di Pancoran, Jakarta Barat, mulai pukul 11.00 hingga petang. Perayaan ini minus pawai budaya karena beberapa alasan seperti, situasi ekonomi yang sedang kurang baik dan kondisi jalan di awal pekan yang akan berakibat pada kemacetan panjang dan meluas.

"Capgomeh memang pas tanggal 9 Februari. Jadi perayaannya ya harus tanggal itu. Kalau pakai pawai nanti macet semua, lagi pula kondisi ekonomi lagi kurang baik," ujar Sekretaris Paguyuban Pedagang Pancoran Glodok (P3G) Ferry Setiawan alias Kasen, Rabu (4/2).

Barongsai, liong, wushu, plus basar makanan tetap akan meramaikan acara itu. Puncaknya, lanjut Kasen, ada sekitar 100 suhu demo tusuk pipi, potong lidah, kayak debus.

Perayaan kali ini diadakan P3G bekerja sama dengan Paguyuban Kota Tua. Gubernur DKI Fauzi Bowo, Wali Kota Jakarta Barat Djoko Ramadhan, dan Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu dijadwalkan hadir pada acara yang digagas Ketua P3G Iskandar Suryanto itu.

Sehari sebelumnya, Minggu (8/2), di kawasan Taman Fatahillah juga akan digelar basar capgomeh, tentu dengan penampilan liong dan barongsai juga. 

Uniknya, pada Senin (9/2) malam bersamaan dengan capgomeh, akan terjadi fenomena alam berupa gerhana bulan penumbra. Gerhana ini bisa dilihat dengan mata telanjang dari seluruh daerah di Indonesia. Tengoklah langit sebelah timur mulai pukul 19.36. Peristiwa ini akan berakhir pukul 23.39 dengan puncaknya pukul 21.38.

Gerhana bulan penumbra hanya memperlihatkan perubahan kecemerlangan bulan. Warna bulan akan berubah kemerah-merahan hingga kuning keruh. Jadi, silakan nikmati capgomeh di tengah gerhana bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com