Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curah Hujan di Indonesia Meningkat akibat La Nina

Kompas.com - 13/01/2009, 14:46 WIB

JAKARTA, SELASA — Curah hujan di Indonesia akan berada di atas rata-rata selama Januari-Maret 2009 sebagai dampak dari fenomena La Nina yang kini sedang berkembang di belahan bumi utara Khatulistiwa. Demikian ramalan cuaca dari Pusat Ramalan Iklim (CPC) Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer AS (NOAA) yang dikirim lewat e-mail dari Camp Springs, Maryland, AS, baru-baru ini.  
    
Berdasarkan observasi dan kecenderungan-kecenderungan akhir-akhir ini, kondisi La Nina tampaknya akan terus berkembang pada musim semi 2009 di belahan bumi utara, demikian CPC.
     
Salah satu dampak dari La Nina, yang tidak biasanya datang terlambat ini, adalah curah hujan di atas rata-rata di Indonesia.
     
Selama Desember 2008, penyimpangan temperatur negatif di permukaan laut ekuatorial menguat di sepanjang lautan Pasifik tengah dan timur. Angin timur tingkat bawah dan angin barat tingkat atas juga menguat di lautan Pasifik ekuatorial. Secara kolektif, penyimpangan-penyimpangan (anomali) kelautan dan atmosfer ini menunjukkan terjadinya La Nina, menurut CPC.
      
Dalam bahasa latin La Nina berarti "gadis cilik". La Nina merupakan suatu kondisi di mana terjadi penurunan suhu muka laut di kawasan timur ekuator di lautan Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com