Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Laksono: Perencanaan PIM Kurang Matang

Kompas.com - 05/01/2009, 13:30 WIB

Laporan wartawan Kompas Antony Lee

SALATIGA, KOMPAS — Proses pembangunan Pusat Informasi Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, yang justru merusak situs peninggalan Kerajaan Majapahit dinilai Ketua DPR Agung Laksono kurang matang perencanaannya. Agung meminta proyek itu segera dikaji ulang dan jangan dipaksakan bila diketahui berdampak negatif. Komentar itu diutarakan Agung Laksono di sela-sela kunjungannya di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (5/1).

Seperti diberitakan Kompas, proses pembangunan Trowulan Information Center di bekas ibu kota Kerajaan Majapahit yang berjaya pada abad ke-13 hingga 15 tersebut justru merusak situs yang ada. "Tentunya tidak boleh begitu. Bangunan yang tujuannya untuk melestarikan situs, tetapi justru merusak situs. Harusnya dirancang sedemikian rupa agar memproteksi situs itu dari kemungkinan perusakan, penggalian, atau pencurian. Kalau seperti itu perencanaannya kurang matang," kata Agung.

Menurut dia, pemerintah harus segera mengkaji kembali proyek itu dan baru dapat diputuskan apakah diteruskan atau tidak setelah ada hasil yang menunjukkan ada kerusakan atau tidak. Namun, jika terbukti merusak, pemerintah diminta tidak memaksakan proyek ini. Bahkan, lanjut Agung, pemerintah harus turut bertanggung jawab bila situs berharga ini rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com