Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reruntuhan Gereja dari Abad ke-8 Ditemukan di Syria

Kompas.com - 14/11/2008, 17:32 WIB

DAMASKUS, KAMIS - Para arkeolog di Syria menemukan reruntuhan gereja dari abad ke-8 di kota tua Palmyra. Daerah di Syria tengah tersebut dulu dikenal sebagai pusat dagang sehingga banyak ditemukan sisa peninggalan arkeologi.

Kepala Departemen Purbakala dan Museum Palymira, Walid Al-Assaad mengatakan ini merupakan gereja keempat dan terbesar yang ditemukan di Palmyra. Bangunan gereja seluas 51 x 30 meter. Tiangnya diperkirakan berdiri tegak 6 meter sementara atapnya yang terbuat dari kayu menjulang hingga 15 meter.

"Di bagian paling utara dan selatan gereja tersebut terdapat dua ruangan yang diyakini sebagai tempat pembaptisan, upacara ritual, ibadah, dan ritual lainnya," ujar Al-Assaad dalam konferensi pers Kamis (13/11). Di dalamnya juga ditemukan sebuah ampiteater yang mungkin dipakai juga untuk upacara keagamaan.

Kota tua Palmyra terletak 245 kilometer utara Damaskus, ibukota Syria. Palmyra merupakan pusat pemerintahan dan perlintasan jalur perdagangan dari Mesopotamia ke Persia. Pada abad ke-3, Ratu Zenobia dari Syria memisahkan dari kekuasaan Romawi yang mendeklarasikan kemerdekaan sebelum diambil alih kembali Romawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com