Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Paus Nyasar Dikira Kapal Selam

Kompas.com - 21/09/2008, 22:56 WIB


TOKYO,MINGGU-Aparat keamanan Jepang menduga bahwa kapal selam asing yang sempat menerobos wilayah perairannya pada pertengahan September lalu  sebenarnya adalah seekor ikan paus yang nyasar.

Hasil penyelidikan terbaru itu mengemuka karena hingga kini tidak ada identifikasi data yang akurat mengenai kapal selam tidak dikenal tersebut. Demikian menurut sebuah sumber yang dikutip Kyodo di Tokyo, Minggu (21/9). Apalagi setelah mengetahui bahwa wilayah perairan yang dimasuki kapal selam asing itu merupakan habitat ikan paus jenis Bryde (Bryde’s whale).

Sebelumnya, Departemen Pertahanan Jepang pada 14 September lalu mengumumkan bahwa Angkatan Laut mendeteksi sebuah periskop kapal selam tidak dikenal yang muncul di selatan Selat Bungo, kawasan perairan di semenanjung Ashizuri, Provinsi Kochi. Namun, dugaan mengenai penerobos asing itu mengarah pada seekor ikan paus.

Jepang sendiri langsung mengerahkan empat kapal perusaknya dan sejumlah helikopter serta kapal patroli untuk melakukan pencarian terhadap kapal selam asing tersebut.  Namun setelah dua hari melakukan pencarian intensif tidak menemukan hasil apa pun. Informasi yang diperoleh hanyalah sebuah indikasi yang menyebutkan bahwa kapal selam itu bukan dimiliki armada laut pasukan Jepang atau Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Jepang bahkan sempat meminta keterangan dari negara-negara tetangganya, terutama China mengenai kemungkinan kapal selamnya yang berkeliaran di perairan Jepang. Namun, China langsung membantah dugaan tersebut dengan memberitahu langsung Kedubes Jepang di Beijing, atas pemberitaan yang dinilai menyesatkan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com