Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phoenix Cek Kandungan Perklorat di Mars

Kompas.com - 13/08/2008, 23:52 WIB

TUCSON, RABU - Untuk ketiga kalinya, wahana Phoenix Mars Lander kembali meneliti sampel tanah di permukaan Mars. Kali ini sampel diambil berupa tanah berwarna merah khas planet tersebut yang diambil dari lubang galian yang disebut "Rosy Red".

Sampel tersebut telah diuji dalam ruang pemanggang TEGA (Thermal and Evolved-Gas Analyzer), salah satu instrumen yang dibawa Phoenix untuk mencari jejak air dan kandungan senyawa lainnya. Namun, lagi-lagi para ilmuwan lagi-lagi harus menggetarkan sampel yang dikeruk karena menggumpal di dalam sekop.

Dari percobaan ketiga ini para ilmuwan akan memastikan apakah di dalam sampel tersebut terdapat senyawa perklorat yang terdeteksi instrumen lainnya. Perklorat adalah senyawa yang sangat reaktif dan mudah teroksidasi.

Selain mencari kandungan senyawa di tanah Mars, Phoenix juga telah melakukan pengukuran konduktivitasnya. Alat ukur yang menyerupai sendok garpu ditusukkan ke dalam tanah dan diukur berapa besar energi yang dibutuhkan agar listrik mengalir dari ujung ke ujung.

Phoenix juga memperlebar lubang galian di sekitarnya untuk menyiapkan sampel berikutnya. Pencarian air dan senyawa organik menjadi target misi yang diperpanjang dari akhir Agustus mejadi 30 September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com