Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Cincin, Cassini Fokus Kepada Bulan-bulan Saturnus

Kompas.com - 01/07/2008, 23:00 WIB

WASHINGTON, SELASA - Setelah memasok citra spektakuler cincin yang mengelilingi Planet Saturnus dalam beberapa tahun belakangan ini, wahana antariksa Cassini akan mengalihkan perhatiannya pada beberapa bulan planet keenam di tata surya itu. Target berikutnya adalah mengamati pengaruh cahaya matahari terhadap atmosfer planet gas raksasa itu berikut bulan-bulannya.

Cassini akan diperintahakn untuk terbang mendekati beberapa bulan Planet Saturnus seperti Titan, Enceladus, Dione, Rhea dan Helene. Badan antariksa AS, NASA juga telah menyepakati pendanaan baru untuk melanjutkan program 60 kali mengelilingi Planet Saturnus.

Dalam empat tahun terakhir, paa ilmuwan melihat tanda-tanda lingkungan yang ramah kehidupan di Titan seperti tanda-tanda adanya laut bawah tanah. Sementara di Enceladus menyemburkan uap air raksasa yang diperkirakan berasal dari es yang menguap.

"Penemuan ini telah menjawab semua target yang akan kita capai saat meluncurkannya. Kita telah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya dan mengajukan beberapa pertanyaan baru," kata Bob Mitchell, manajer programn Cassini di Laboratorium Propulsi Jet NASA, Pasadena, California.

Misi perpanjangan kali ini disebut Equinox, sebagai simbol dari musim semi yang panjang. Pada 2009, Cassini akan menjumpai musim semi dengan lama siang dan malam berlangsung sama di Saturnus, suatu yang hanya terjadi setiap 14 tahun sekali. Para ilmuwan akan dapat melihat apa yang terjadi ketika Matahari bergeser dari selatan ke utara garis ekuatornya.

Pesawat antariksa Cassini merupakan pesawat pertama yang melakukan eksplorasi atas sistem cincin dan bulan Saturnus. Cassini dikirimkan bersama wahana Huygen milik Badan Antariksa Eropa (ESA), yang menembus atmosfir Titan pada Januari 2005. Misi Cassini-Huygen adalah proyek kerjasama NASA, adan antariksa Eropa ESA, dan Badan Antariksa Italia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com