Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket India Luncurkan 10 Satelit Sekaligus

Kompas.com - 28/04/2008, 20:38 WIB

NEW DELHI, SENIN - Roket buatan India berhasil meluncurkan 10 satelit sekaligus dalam sekali peluncuran. Keberhasilan ini semakin menempatkan India sebagai negara yang sanggup bersaing dalam bisnis transportasi luar angkasa.

Peluncuran dilakukan menggunakan roket jenis PSLV (Polar Satellite Launch Vehicle) C9 dari pangkalan peluncuran Sriharikota, di pantai timur India Selatan, pada pukul 9.24 waktu setempat atau sekitar pukul 10.24 WIB. Delapan satelit yang dibawa adalah satelit nano milik Jerman, Kanada, dan Jepang seberat 3 hingga 16 kilogram. Sementara dua satelit lainnya adalah satelit Cartosat-2A seberat 690 kilogram dan sebuah satelit mini milik India seberat 83 kilogram.

"Peluncuran itu lancar dan kami menyaksikan peluncuran itu berjalan lancar," seorang pejabat lembaga riset antariksa India ISRO. "Peluncuran itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan riset ruang angkasa kami."

Jurubicara ISRO mengatakan Cartosat-2A adalah satelit utama yang diluncurkan.  Satelit Cartosat-2A buatan India merupakan satelit penginderaan jarak jauh yang dilengkapi kamera resolusi tinggi untuk merekam gambar dengan jelas dari ruang angkasa. Gambar dan data resolusi tinggi dari satelit itu akan digunakan untuk mengatur infrastruktur dan sumber alam di negara itu, kata pejabat.

Peristiwa peluncuran ini sangat penting bagi India karena untuk pertama kalinya roket buatannya membawa 10 satelit sekaligus. Dengan peluncura ini, India telah berhasil meluncurkan 13 roket ke luar angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com