Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laboratorium Colombus Terpasang di Stasiun Antariksa

Kompas.com - 12/02/2008, 13:53 WIB

CAPE CANAVERAL, SELASA - Selamat datang Eropa! Setelah mengalami penundaan berkali-kali, baik saat peluncuran hingga pemasangannya, laboratorium Colombus milik Eropa akhirnya terpasang di stasiun antariksa internasional (ISS).

"Hari besar untuk Eropa, Ia (colombus) kelihatan sangat cantik," kata Alan Thirkettle, manajer program stasiun Badan Antaririksa Eropa (ESA). Modul laboratorium seberat 14 ton dan sepanjang 7 meter yang dibangun dengan biaya 2 miliar dollar AS akan dipakai untuk berbagai penelitian ilmiah.

Laboratorium tersebut dipasang oleh astronot Rex Walheim dan Stanley Love dalam spacewalk pertama yang berlangsung selama 8 jam atau 1,5 jam lebih lama dsri rencana. Stanley merupakan pengganti Hans Schlegel yang sakit begitu wahana ulang alik Atlantis merapat ke ISS, Sabtu (10/2).

Pemasangan pelindung ekterior masih akan dilakukan dalam spacewalk kedua yang direncanakan Rabu (13/2) dan spacewalk keempat Jumat (15/2). Schlegel dijadwalkan akan melakukan spacewalk kedua bersama Walheim.

Modul Colombus tersambung ke ISS melalui kompartemen Harmony yang dipasang pada misi sebelumnya. Satu kompartemen Harmony lainnya sudah disiapkan untuk laboratorium Kibo milik Jepang yang akan diluncurkan tahun ini.

Kehadiran Colombus menambah luas hunian di ISS yang telah dibangun sejak 10 tahun lalu menjadi delapan ruangan. Satu-satunya hunian di orbit itu, kini digawangi tiga orang awak yang bergantian setiap 6 bulan. Kini, ISS siap dihuni 6 orang sampai selesai dibangun pada tahun 2010.(AP/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com